Berita

MV Borealis Meriahkan Lombok Barat, Bawa Ratusan Wisatawan Mancanegara

×

MV Borealis Meriahkan Lombok Barat, Bawa Ratusan Wisatawan Mancanegara

Share this article
MV Borealis Tiba di Lombok

Lombok Barat, NTB – Pelabuhan Gilimas PT. Pelindo Lembar menyambut kedatangan kapal pesiar MV. BOREALIS, yang berbendera Bahama, Senin (11/3/2024). Kedatangan kapal pesiar ini merupakan bagian dari upaya peningkatan pariwisata di Kabupaten Lombok Barat.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Lembar, Polres Lombok Barat, Polda NTB, Iptu Agung Iswayudi., S.Tr.K mengatakan, pihaknya telah mengantisipasinya dengan melakukan pengamanan.

“Secara umum, terkait dengan kedatangan kapal pesiar MV. BOREALIS berjalan denga naman dan lancar. Berjalan sesuai dengan apa yang telah mereka rencanakan, saat mengunjungi pulau Lombok ini,” ungkapnya

Identitas dan Spesifikasi MV. BOREALIS

BOREALIS, kapal pesiar yang berbendera Bahama dengan nomor IMO 9122552, memiliki berat mati (DWT) sebesar 6351 ton dan gross tonnage (GT) mencapai 61849 ton.

Dengan panjang keseluruhan (LOA) 237.90 meter dan garis tengah terbesar (GRT) 8.40 meter, kapal ini merupakan milik BOREALIS CRUISE LIMITED dan diageni oleh PT. BAHARI LAJU ANUGRAH.

Kapal ini berlabuh di Pelabuhan Gilimas, Lembar, NTB, pada tanggal 11 Maret 2024 pukul 07.00 WITA dan jadwalnya berangkat pada pukul 18.00 WITA.

Sebelumnya, kapal ini berangkat dari Pelabuhan Komodo dan akan melanjutkan perjalanan ke Singapura sebagai tujuan selanjutnya.

Pengamanan dan Pemeriksaan oleh Tim CIQP

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Lembar, Iptu Agung Iswayudi., S.Tr.K, memimpin pengamanan kedatangan MV. BOREALIS. Pada pukul 09.00 WITA.

“Tim CIQP melakukan tugasnya, meliputi pemeriksaan administrasi kapal, memastikan semua dokumen dan prosedur keamanan telah terpenuhi,” ucapnya.

Penyambutan Wisatawan dengan Kegiatan Wisata yang Terorganisir

Setelah pemeriksaan selesai, para tamu wisatawan turun dari kapal untuk menikmati berbagai kegiatan wisata. Pukul 09.35 WITA, mereka menuju bus yang disediakan oleh Agen Travel PT. Pesona Wisata Lombok, yang telah menyiapkan 18 unit bus untuk mengakomodasi para wisatawan.

Dampak Positif bagi Pariwisata Lombok Barat

Kedatangan kapal pesiar seperti MV. BOREALIS memberikan dampak positif bagi pariwisata Lombok Barat.

Ini menunjukkan komitmen pemerintah daerah dan instansi terkait dalam meningkatkan kualitas layanan dan fasilitas untuk mendukung pertumbuhan ekonomi lokal melalui sektor pariwisata.

Kegiatan ini juga menandai sinergi yang baik antara pemerintah daerah, Pelindo, dan agen-agen perjalanan dalam mempromosikan Lombok Barat sebagai destinasi wisata kelas dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *