Berita

Peralatan dan Kendaraan Satgas Ban Ops Polres Lombok Barat Siap Amankan Kampanye

×

Peralatan dan Kendaraan Satgas Ban Ops Polres Lombok Barat Siap Amankan Kampanye

Share this article
Satgas Ban Ops Polres Lombok Barat Siapkan Peralatan dan Kendaraan untuk PAM Kampanye

Lombok Barat, NTB – Satuan Tugas Bantuan Operasi (Satgas Ban Ops) Polres Lombok Barat melakukan pengecekan dan pendataan peralatan, perbekalan umum, dan kendaraan dinas pada Rabu (7/2/2024) siang.

Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan segala sesuatu dalam pengamanan (PAM) Operasi Mantap Brata Rinjani 2023-2024. Seperti pada tahapan kampanye saat ini di wilayah hukum (wilkum) Polres Lombok Barat.

Kabag SDM: Pastikan Semua Lengkap dan Layak Pakai

Kabag SDM Polres Lombok Barat, AKP Dewi Komalasari, S.H., mengatakan kegiatan meliputi pengecekan dan pendataan.

Mereka mengecek satu per satu peralatan, perbekalan umum, dan kendaraan dinas yang ada di gudang dan garasi Polres Lombok Barat.

“Untuk memastikan bahwa semua peralatan dan kendaraan yang akan digunakan dalam PAM kampanye sudah lengkap dan layak pakai,” ungkapnya.

Ia juga memerintahkan agar personel melakukan perawatan dan perbaikan jika ada yang rusak atau bermasalah.

“Kita harus pastikan bahwa semua peralatan dan kendaraan yang kita gunakan dalam PAM kampanye sudah lengkap dan layak pakai. Jangan sampai ada yang kurang atau rusak yang bisa mengganggu kinerja kita,” terangnya.

Sehingga harus melakukan perawatan dan perbaikan jika ada yang bermasalah secara  profesional dan bertanggung jawab.

Kasat Samapta: Siapkan Peralatan Dalmas dan Unit Patroli

Selain peralatan dan kendaraan dinas umum, Kabag SDM juga mengecek peralatan Dalmas (Pengendalian Massa) dan peralatan unit patroli Sat Samapta Polres Lombok Barat.

Peralatan Dalmas meliputi senjata, rompi anti peluru, helm, tameng, gas air mata, dan lain-lain. Peralatan unit patroli meliputi sepeda motor, radio komunikasi, dan lain-lain.

Kasat Samapta Polres Lombok Barat, AKP Sony Hartono, mengatakan bahwa peralatan Dalmas dan unit patroli sangat penting dalam PAM kampanye.

Ia mengatakan bahwa peralatan Dalmas digunakan untuk mengantisipasi dan menangani gangguan massa yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Sedangkan peralatan unit patroli digunakan untuk melakukan patroli rutin di sekitar lokasi kampanye dan tempat-tempat vital lainnya.

“Kita harus siapkan peralatan Dalmas dan unit patroli dengan baik. Peralatan Dalmas kita gunakan untuk mengantisipasi dan menangani gangguan massa yang bisa terjadi sewaktu-waktu,” katanya.

Peralatan unit patroli yang mereka gunakan untuk melakukan patroli rutin di sekitar lokasi kampanye dan tempat-tempat vital lainnya.

“Kita harus siaga dan responsif dalam mengamankan jalannya kampanye,” ujar Kasat Samapta.

Dengan adanya pengecekan dan pendataan ini, harapannya Satgas Ban Ops Polres Lombok Barat dapat lebih siap dan optimal dalam melaksanakan PAM kampanye.

PAM kampanye merupakan salah satu tahapan penting dalam Operasi Mantap Brata Rinjani 2023-2024 yang bertujuan untuk menciptakan pemilu yang aman, damai, dan demokratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *