Berita

Satgas Preemtif Polres Lombok Barat Gelar Sosialisasi Pemilu Damai dan Demokratis

×

Satgas Preemtif Polres Lombok Barat Gelar Sosialisasi Pemilu Damai dan Demokratis

Share this article
Satgas Preemtif Polres Lombok Barat Sosialisasi dan Edukasi Warga Jelang Pemilu

Lombok Barat, NTB – Satuan Tugas (Satgas) Preemtif Polres Lombok BaratPolda Nusa Tenggara Barat (NTB), melakukan sosialisasi dan edukasi kepada warga masyarakat di wilayah hukumnya.

Menjelang pemilihan umum (pemilu) yang akan digelar pada 14 Februari 2024, Sabtu (3/2/2022).

Kasat Binmas Polres Lombok Barat, AKP Daniel Ibi Lona, S.Sos., mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

“Tentunya juga untuk mencegah penyebaran berita hoax, dan menciptakan pemilu yang damai dan demokratis,” ungkapnya.

Sosialisasi kepada GAPASDAP Dpc. Lembar

Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Satgas Preemtif adalah sosialisasi kepada Gabungan Pengusaha Antar Sungai, Danau, dan Pelayaran (GAPASDAP) Dpc. Lembar. Merupakan salah satu asosiasi usaha di bidang transportasi laut di Lombok Barat.

Dalam sosialisasi ini, Satgas Preemtif menyampaikan dua hal penting, antara lain sebagai warga negara yang baik, mengharapkan anggota GAPASDAP diharapkan tidak golput .

“Melainkan menggunakan hak pilihnya i tempat pemungutan suara (TPS) masing-masing,” ujarnya.

Agar tidak mudah terprovokasi oleh berita hoax yang beredar di media sosial (medsos), dan mendukung pemilu yang damai dan tanpa kekerasan.

AKP Daniel Ibi Lona menekankan bahwa pemilu adalah hak dan kewajiban setiap warga negara, yang harus dilaksanakan dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab.

Ia juga mengimbau agar anggota GAPASDAP tidak mudah percaya dengan informasi yang tidak jelas sumbernya, dan selalu memverifikasi kebenarannya sebelum menyebarkan atau membagikannya.

“Kami berharap, dengan sosialisasi ini, anggota GAPASDAP dapat menjadi agen-agen pemilu yang damai, yang dapat memberikan contoh dan edukasi kepada warga sekitar, agar tidak golput dan tidak terpengaruh oleh berita hoax,” ujar AKP Daniel Ibi Lona.

Edukasi kepada Yayasan RBQ Adz-Dzaki Lembar

Selain sosialisasi kepada GAPASDAP, Satgas Preemtif juga melakukan edukasi kepada Yayasan Rumah Baca Qur’an (RBQ) Adz-Dzaki Lembar, yang merupakan salah satu lembaga pendidikan non-formal yang bergerak di bidang pengajaran Al-Qur’an dan keagamaan.

Dalam edukasi ini, Satgas Preemtif berdialog dengan Ketua Yayasan RBQ Adz-Dzaki Lembar, Ustadz H. Ruslan Rosyidi, S.Pd., mengenai dua hal penting, yaitu:

Untuk ikut mengedukasi warga setempat agar tidak terpecah belah, walau pun berbeda pilihan, dan agar seluruh warga masyarakat menggunakan hak pilihnya pada tanggal 14 Februari di TPS masing-masing.

Agar ikut mengedukasi warga untuk tidak mudah terprovokasi oleh berita hoax di medsos, dan mendukung pemilu yang damai dan demokratis.

AKP Daniel Ibi Lona mengapresiasi peran Yayasan RBQ Adz-Dzaki Lembar dalam memberikan pendidikan dan pembinaan kepada warga, khususnya anak-anak dan remaja. Ia berharap, dengan edukasi ini, Yayasan RBQ Adz-Dzaki Lembar dapat menjadi mitra Polri dalam menjaga stabilitas dan keamanan menjelang dan selama pemilu.

“Kami mengajak Yayasan RBQ Adz-Dzaki Lembar untuk bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, yang tidak boleh terkoyak oleh perbedaan pilihan politik. Kami juga mengajak Yayasan RBQ Adz-Dzaki Lembar untuk bersama-sama menangkal dan menanggulangi berita hoax, yang dapat merusak citra pemilu dan mengganggu ketertiban umum,” tutur AKP Daniel Ibi Lona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *