Aman dan Kondisif, Pengamanan Tradisi Nyongkolan di Lebah Suren Desa Sekotong Tengah Lancar

  • Bagikan

Lombok Barat, NTB – Dalam pengamanan Tradisi Nyongkolan di Lebah Suren Desa Sekotong Tengah, Polsek Sekotong menurunkan jajarannya, kegiatan berlangsung aman dan kondisif, Minggu (11/12/2022).

Kapolres Lombok Barat, AKBP Wirasto Adi Nugroho, SIK melalui Kapolsek Sekotong Iptu I kadek Sumerta, SH mengatakan tujuan pengamanan ini untuk mencegah terjadinya permasalahan.

“Personil polsek sekotong yang melaksanakan pengamanan, mengatur arus lalu lintas dan mengurai kemacetan. Agar dalam proses tradisi adat tidak menemui kendala dan mencegah dari terjadinya permasalahan yang dapat meluas hingga akhir pelaksanaan,” ungkapnya.

Dalam kegiatan pengaman ini, Polsek sekotong menurunkan empat personelnya, bersama  Bhabinkamtibmas Desa Sekotong Tengah.

“Nyongkolan yang berlangsung yakni, nyongkolan Warga Dusun Lebah Suren  Desa Sekotong Tengah menuju Dusun Mendawe  Desa Kedaro,” katanya.

Adapun rute pengamanan nyongkolan yaitu, pihak mempelai laki laki berasal dari Dusun Lebah Suren. Pihak mempelai laki-laki mulai star dari Jalan Raya Dusun Mendawe Utara  yang menggunakan jalur utama desa.

“Dengan cara berjalan dengan arak arakan tradisi nyongkolan menuju rumah mempelai perempuan di dusun mendawe utara,” imbuhnya.

Dalam rangkaian arak-arakan nyongkolan ini, alat musik berupa satu grup kecimol mengiringinya.

“Adapun kapasitas Warga Dari Dusun  Lembah Suren Desa Sekotong Tengah, dengan perkiraan kurang lebih 150 orang,” pungkasnya.

Kapolsek menegasakan bahwa, dalam kegiatan pengamanan dari awal hingga akhir pelaksanaannya mendapatkan pengawalan ketat dari jajarannya.

“Untuk memastikan kegiatan ini terlaksana denga naman dan tertib hingga akhir kegiaan,” tandasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *