Kabag Ops Polres Lombok Barat Cek SOP Penjagaan Polsek, Terutama Penggunaan Senpi

  • Bagikan
Kabag Ops Polres Lombok Barat Sidak SOP Penjagaan Polsek

Lombok Barat, NTB – Dalam peningkatan intensitas pengamanan Jajaran Polres Lombok Barat pasca peristiwa aksi teror di Polsek Astana Anyar, juga meningkatkan pengawasan SOP Penjagaan setiap Polsek.

Kapolres Lombok Barat, Polda NTB, AKBP Wirasto Adi Nugroho, SIK melalui Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) AKP Sulaiman H. Husen menjelaskan pelaksanaannya.

“Untuk memastikan pelakanaan SOP pada Polsek Jajaran, sehingga melakukan pemeriksaan langsung terkait dengan peralatan. Maupun personel di Penjagaan setiap Polsek,” ungkapnya.

Menurutnya, selain untuk memaksimalkan kesigapan dan kesiapsiagaan dalam meningkatkan kewaspadaan terhadap aksi teror. Ini juga merupakan bagian dari pelayanan Polri kepada Masyarakat.

“Dengan mempedomani SOP yang benar, untuk meminimalisir terjadinya ancaman, baik terhadap personel itu sendiri maupun kepada Masyarakat,” katanya.

Utamanya, dalam penggunaan Senjata Api, agar selalu sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP). Sehingga melakukan pemeriksaan senjata api inventaris yang ada di penjagaan.

Selain itu, menekankan kegiatan patroli, baik di mako maupun di Lapangan, menggunakan peralatan sesuai dengan SOP yang berlaku.

Seperti memakai Body Vest anti peluru, Helm dan Senjata api, serta melakukan pemeriksaan terhadap orag yang akan memasuki Mako Polsek.

“Pemeriksaan meliputi kendaraan, dan barang sasarannya barang-barang berbahaya. Seperti senjata tajam, senjata api, hingga bahan peledak, serta barang berbahaya lainnya,” jelasnya.

Selain itu, Kabag ops juga memeriksa terkait dengan kelengkapan adminitrasi di penjagaan, guna antisipasi kesalahan prosedur di Lapangan.

“Sesuai dengan arahan Bapak Kapolres Lombok Barat, bahwa walaupun SOP tersebut telah terlaksana secara rutin setiap harinya. Namun kewaspadaan lebih ditingkatkan,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, Kabag Ops bersama personel Propam Polres Lombok Barat, mengecek langsung terkait dengan penerapan SOP di Penjagaan. Seperti pemeriksaan administrasi, Senjata Api inventaris penjagaan, beserta amunisinya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *