Tradisi Adat Nyongkolan di Kediri, Polisi Terjunkan Anggota Pengamanan

  • Bagikan
Polsek Kediri Amanakan Kegiatan Tradisi Adat Nyongkolan di Dua Desa

Lombok Barat, NTB – Jajaran Personel Polsek Kediri melaksanakan pengamanan Kegiatan Tradisi Adat Nyongkolan di Dua Desa di Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat, Minggu (4/12/2022).

Kapolres Lombok Barat, Polda NTB, AKBP Wirasto Adi Nugroho, SIK melalui Kapolsek Kediri AKP Heri Santoso mengatakan kegiatan pengamanan ini dalam rangka Harkamtibmas di Wilayahnya.

“Terutama terkait dengan ketertiban pelaksanaannya, serta Kamseltibcar Lantas, sehingga tidak menimbulkan Potensi Gangguan di tengah masyarakat,” ungkapnya.

Seperti perkelahian maupun gangguan-gangguan lainnya yang dapat mengancam ketentraman dan kenyamanan Masyarakat.

“Termasuk untuk kenyamanan masyarakat pengguna jalan lainnya, agar tidak merasa terganggu sehingga melakukan langkah antisipasi kemacetan arus lalulintas,” terangnya.

Adapun dua Desa yang melaksanakan kegiatan Tradisi Adat Nyongkolan di Kecamatan Kediri antara lain Desa Ombe dan Desa Rumak.

Pelaksanaan nyongkolan di Desa Ombe, menggunakan Jalan Taruna Desa Ombe Baru Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat.

“Dalam kegiatan nyongkolan tersebut, menggunakan alat Music Kecimol, start mulai dari jalan Taruna Depan Kantor Desa Ombe Baru. Kemudian Menuju Dsn Ombe Desa Desa Ombe Baru Kec Kediri Kab Lobar,” jelasnya.

Dengan estimasi rombongan Nyongkolan sekitar kurang lebih 150 orang, mendapat pengamanan dari Bhabinkamtibmas Desa Ombe Baru bersama Personil Polsek Kediri lainnya.

“Situasi arus lalu lintas dalam giat nyongkolan di Desa Ombe Baru Kediri dalam keadaan ramai namun lancar serta tidak terdapat gangguan Kamtibmas lainnya,” pungkasnya.

Pada lokasi lainnya, kegiatan Nyongkolan di Desa Rumak menggunakan Jalan Utama Tgh H Lopan Desa Rumak Kecamatan Kediri Lombok barat.

“Dalam nyongkolan ini menggunakan alat Music Gendang Beleq, star dari Simpang tiga Dsn Ombe Rerot Barat Desa Ombe Baru. Menuju Jl.Tgh Abdul Karim Dsn Rumak timur Selatan Desa Rumak Kec Kediri Lombokm Barat,” katanya.

Dengan estimasi rombongan Nyongkolan sekitar kurang lebih 200 orang, dalam keadaan ramai namun lancar serta tidak terdapat gangguan Kamtibmas lainnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *