Seputar Berita Peristiwa dan Kriminal
Beli Tema IniIndeks
Binkam  

Edukasi Perlindungan Perempuan dan Anak di Lombok Barat, Polisi Ingatkan Orang Tua Awasi Perilaku Anak

Perlindungan Perempuan dan Anak, Polres Lombok Barat Peketat Pengawasan dan Koordinasi di Lemba

Lombok Barat, NTB – Polres Lombok Barat tingkatkan pengawasan dalam melakukan perlindungan terhadap Perempuan dan Anak di Wilayahnya, Kamis (24/11/2022).

Kapolres Lombok Barat, AKBP Wirasto Adi Nugroho, SIK melalui Kasat Reskrim Iptu I Made Dharma Yulia Putra S.T.K.,S.I.K mengatakan, pengawasan meliputi mengecek langsung kondisi anak-anak pada Lembaga Sosial di Wilayahnya.

“Sehingga kami, dalam hal ini mengedepankan unit PPA guna melakukan pengawasan dan berkoordinasi di Lembaga-lembaga Sosial yang menampung keberadaan anak-anak. Sekaligus edukasi kepada anak-anak, bagaimana caranya untuk terhindar dari kekerasan terhadap anak, terutama terhadap ancaman predator anak,” ungkapnya.

Menurutnya, edukasi sejak usia dini juga penting terutama di era digitalisasi saat ini, sehingga perlu untuk lebih memperhatikan perilaku anak itu sendiri.

“Sehingga menekankan kepada orang tua, maupun pihak-pihak terkait yang memiliki tanggung jawab terhadap anak, untuk lebih memperhatikan perilaku anak,” ujarnya.

Mengingat kemudahan informasi yang dapat diakses tanpa batas, selain berdampak positif, namun juga terdapat ancaman yang bisa saja menjadi dampak buruk pada perilaku anak.

“Terkait hal itu, sangat membutuhkan peran orang tua maupun Lembaga-lembaga kesejahteraan yang bertanggung jawab terhadap anak. Mengingatkan untuk tidak melakukan pelanggaran-pelanggaran hukum dalam pola asuh anak,” tegasnya.

Dalam pengawasan tersebut, Unit PPA, Sat Reskrim Polres Lombok Barat melakukan pendekatan dengan mengedepankan cara persiasif humanis.

“Kita rangkaikan dengan kegiatan-kegiatan sosial, harapannya selain untuk efektifitas dalam pengawasan, juga harapannya dapat bermanfaat, terutama bagi anak-anak terlantar, penyandang difabel maupun yang lainnya,” pungkasnya.

Tercatat, sat Reskrim Polres Lombok Barat, melalui unit PPA telah mengunjungi beberapa Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS). Yang menmpung anak-anak terlantar maupun penyandang difabel di Wilayah Hukum Polres Lombok Barat.

Antara lain LKS Darul Yaqin Desa Gelogor, Kecamatan Kediri, LKS Handayani Lingkungan Batu Anyar Kelurahan Gerung Utara Kecamatan Gerung. Juga di Yayasan Yaumul Hassanah Desa Kuripan Selatan, terhadap penyandang penyandang difabel.

“Bentuk kegiatannya, melakukan koordinasi pihak dengan pihak LKS maupun Yayasan, kemudian juga sekaligus merangkaikannya dengan menyerahkan bantuan berupa paket Sembako,” tandasnya.

Exit mobile version