Seputar Berita Peristiwa dan Kriminal
Beli Tema IniIndeks
Binkam  

Penyuluhan Kesehatan dan Pengobatan Gratis, Kerjasama Polsek Sekotong, Poliklinik Pratama Polres Lobar dan Puskesmas Sekotong

Polsek Sekotong bersama Poliklinik Pratama Polres Lobar dan Puskesmas Gelar Penyuluhan Kesehatan

Lombok Barat, NTB – Polsek Sekotong bekerjasama dengan Poliklinik Pratama Polres Lobar dan UPT BLUD Puskesmas Sekotong menggelar bakti sosial berupa Penyuluhan Kesehatan dan Pengobatan Gratis, Selasa (25/10/2022).

Kapolsek Sekotong Polres Lombok Barat, Polda NTB, Iptu I Kadek Sumerta S.H mengatakan kegiatan Penyuluhan Kesehatan dan Pengobatan Gratis ini ditujukan kepada semua kalangan Masyarakat.

“Tidak terbatas orang dewasa saja, Tim Kesehatan juga melakukan pengobatan terhadap anak-anak,” ungkapnya.

Kegiatan Bakti Sosial ini menggelarnya di Dusun Bengkang Desa Persiapan Pengantap, Kecamatan Sekotong Lombok Barat. Memberikan Pelayanan kesehatan meliputi pemeriksaan TTV (Tanda-tanda Vital) dan pengobatan serta pemberian vitamin.

“Kebersihan lingkungan sekitar erat kaitannya dengan kesehatan. Beberapa penyakit karena buruknya sanitasi dan sumber air yang tidak layak pakai,” ucap Kapolsek.

Sehingga Polsek Sekotong berinisiatif untuk melakukan tindakan preventif dan kuratif untuk warga di sekitar bantaran Sungai Bengkang. “Hal inilah yang menantang peran kita semua untuk peduli.” pungkasnya

Selain melakukan pengobatan cuma-cuma bagi masyarakat pinggiran Sungai Bengkang, juga mengadakan penyuluhan kesehatan dan sanitasi.

“Penyuluhannya menggunakan sarana tayangan film dan diskusi langsung. Dari kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan taraf hidup kesehatan masyarakat sekitar Sungai Bengkang di Desa Persiapan Pengantap,” katanya.

Sehingga melalui edukasi higinitas dan sanitasi kesehatan masyarakat terkait Sungai Bengkang agar Masyarakat tak lagi membuang sampah ke sungai.

Kegiatan Bakti sosial pengobatan gratis mendapat respon positif warga masyarakat yang berbondong-bondang datang untuk berobat gratis. Membuka pelayanan mulai dari jam 09.30 Wita hingga 12.00 Wita.

“Pelayanan ini kami berikan gratis, jadi masyarakat apabila mengeluh sakit dapat berkonsultasi dengan Tim Medis dan Tenaga Kesehatan pada giat Bakti Sosial hari ini,” imbuhnya.

Selain menerima pelayanan kesehatan di tempat, Tim Kesehatan juga melakukan pelayanan pengobatan ‘door to door’ atau langsung mendatangi masyarakat.

“Program ini akan terus dioptimalkan guna membantu kesehatan masyarakat, sehingga masyarakat dapat terus beraktivitas seperti biasa,” pungkasnya.

Menurutnya, Bakti Sosial ini merupakan bentuk pengabdian dan pelayanan polisi kepada masyarakat juga sebagai bentuk dukungan. Dalam menciptakan masyarakat sehat dan lingkungan bersih khususnya di sekitar bantaran sungai Bengkang.

“Memberikan pelayanan merupakan salah satu tugas dan fungsi sebagai anggota Polri,” ucapnya.

Kali ini ada 74 orang yang mengikuti pengobatan gratis ini dan untuk kedepannya tetap akan berkesinambungan. Khususnya, dari Polsek Sekotong akan menggandeng pihak Desa dan Puskesmas untuk mengadakan.

Adapun hasil pelayanan pengobatan gratis, ditemukan beberapa keluhan dari masyarakat dan pemeriksaan kesehatan dari tim medis dan tenaga kesehatan Ispa : 14 orang. Kemudian Chepalgia sebanyak 9 orang, Diare sebanyak 3 orang, Oma sebanyak 1 orang, Myalgia sebanyak 14 orang.

Lalu Dispepsia sebanyak 10 orang, Febris sebanyak 3 orang, Vulnus sebanyak 2 orang, Dka sebanyak 7 orang, Asma sebanyak 1 orang. Ada juga Hipertensi sebanyak 5 orang, Infeksi saluran kemih sebanyak 1 orang, Rheumatik sebanyak 2 orang, Hiperkolesterol sebanyak 1 orang dan Gastritis sebanyak 1 orang

Masyarakat dusun bengkang melalui kepala dusun bengkang menyampaikan ucapan terimakasih kepada kapolsek sekotong beserta jajarannya. Serta ucapan terimakasih kepada tim puskesmas sekotong dan poliklinik polres lombok barat, atas kegiatan pengobatan yang berlangsung dan ini.

Menurut warga, kegiatan ini sangat membantu bagi masyarakat yang saat ini dapat menikmati layanan pengobatan gratis.

“Semoga kegiatan pengobatan gratis ini dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat dan Polri khususnya Polsek Sekotong. Sesuai pesan, petunjuk dan arahan pimpinan kami Kapolres Lombok Barat AKBP Wirasto Adi Nugroho, S.Ik untuk selalu hadir membantu masyarakat,” harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *