Seputar Berita Peristiwa dan Kriminal
Beli Tema IniIndeks
Binkam  

Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku di Labuapi, Menyasar di Dua Kandang Kolektif Warga

Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku di Labuapi, Menyasar di Dua kandang Kolektif Warga

Lombok Barat, NTB – kegiatan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap hewan ternak sapi di Lombok Barat tergelar di dua lokasi di Kecamatan Labuapai. Satgas Ops Aman Nusa II Polda NTB melaksankannya di Kandang Kumpul Sinar Berseri Dusun Karang Bucu. Kemudian juga di Kandang Kumpul Sinar Terang Dusun Rerot Desa Bagik Polak Kecamatan Labuapi, Lombok Barat.

Dalam kegiatan ini Satgas Ops Aman Nusa II bersama personel Polsek Labuapi turut turun di Lapangan, Rabu (13/7/2022).

Menggunakan Jenis Vaksin Aftopor

Kapolsek Labuapi Iptu Agus Priyo Wahyono mengatakan Adapun mekanisme kegiatan pemberian vaksinasi hewan ternak sapi tersebut.

“Adapun jenis vaksin PMK yang untuk ternak sapi ini jenis Aftopor,” ungkapnya.

Yang mana, Tim medik veteriner dalam hal ini Pegawai Negeri Sipil yang di beri tugas dan tanggung jawab, wewenang dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang. Untuk melakukan kegiatan pengendalian hama dan penyakit hewan, pengamanan produk hewan, dan pengembangan kesehatan hewan.

“Termasuk dalam melakukan pemberian vaksinasi pertama pada hewan sehat yang berada dalam radius kilometer dari hewan yang tertular dalam zona wabah PMK (apabila ada),” katanya

Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku di Labuapi, Menyasar di Dua kandang Kolektif WargaSebagian Besar Menerima Vaksin Dosis Pertama

Dan melakukan Vaksinasi PMK tiga kali pada tiap hewan ternak, vaksinasi kedua melakukannya sekitar empat minggu setelah vaksinasi pertama. Dan vaksinasi ketiga melakukannya enam bulan setelah vaksinasi kedua.

“Untuk dosis vaksin pertama, menyuntikannya terhadap hewan ternak sapi di Kandang Kumpul Sinar berseri Dusun Karang Bucu Desa Bagik Polak sejumlah 12 ekor,” imbuhnya.

Sedangkan di Kandang Kumpul Sinar Terang Dusun Rerot Desa Bagik Polak sejumlah 22 ekor, juga untuk dosis vaksin pertama.

Untuk dosis vaksin pertama yang di berikan di Kandang Mandiri Dusun Karang Kebon Barat Desa Bagik Polak sejumlah 8 ekor.

“Total keseluruhan ternak sapi yang vaksinasi di Desa Bagik Polak sejumlah 42 ekor,” tandasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kasub Satgas Aman Nusa II Samapta Polda NTB AKP Sabri, SH beserta anggota, Kasat Binmas Polres Lobar AKP Wahyu Indrawan, S Sos. Kemudian Satgas Aman Nusa II Polres Lobar, Camat Labuapi L. Dharma Artika, SE.,

Ada juga dari Subsatgas Vaksinasi Ops Aman Nusa Polda II NTB IPDA Drg Andika, S bersama tim., Kabid Keswan Distan Kab. Lobar Drh. Ni Nyoman Rai Indriyani.

Lalu Kasi Kesvet Distan Kab. Lobar Tri Any Rosyana., Fungsional Madya Drh. IPG. Parta Diana., Kordinator BPP Kec. Labuapi I Putu Sueka Agung, S.ST.

Hadir pula THL Medik Drh. Marlina, dan Para pemilik hewan ternak sapi.

“Secara keseluruhan kegiatan pemberian vaksin pada hewan ternak sapi berjalan dengan aman dan lancar berakhir pukul 12.00 wita,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *